Powered by Blogger.

5 Tips Cara Mengatasi iPhone Yang Mati Total

Cara mengatasi iPhone yang mati total mendadak- Siapa sih yang tidak panik jika smartphone kesayangan kamu mengalami error, waduuh? Apalagi jika smartphone yang kamu punya mengalami error misalnya mati total mendadak, bootloop, dan tidak dapat dinyalakan kembali, haduh bisa-bisa kamu keringat dingin.

Selain dialami oleh para pengguna Android, masalah tersebut juga kerap sekali terjadi pada smartphone sekelas iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS lho. Dimana smartphone tiba-tiba mendadak mati total tanpa sebab yang jelas. Saat hal itu berlangsung, mungkin kamu akan berpikir bahwa iPhone yang kamu miliki rusak dan kamu perlu untuk membeli yang baru lagi.

Tapi jangan terburu-buru untuk memikirkan hal tersebut karena beberapa kasus iPhone mati sendiri, iPhone sering restart sendiri, atau bahkan iPhone mati total dapat terjadi disebabkan oleh kesalahan atau kerusakan pada software. Jika hanya keasalahan atau kerusakan pada software mungkin kamu masih dapat memperbaikinya sendiri, dibandingkan hardware tentu hal tersebut agak selit dan mengharuskan kamu untuk memperbaikinya ke service center terdekat.

Daripada kamu menyerah sebelum mencoba hal apapun, maka kamu dapat mencoba tips atau cara sederhana untuk mengatasi iPhone mati total dan tidak dapat dihidupkan kembali. Berikut, tips cara mengatasi iPhone yang mati total mendadak.

1. Restart Atau Tekan Tombol Power


Langkah pertama untuk mengatasi iPhone kamu mendadak mati adalah kamu harus memeriksanya terlebih dahulu. Untuk melakukan hal tersebut, kamu dapat menahan tombol Hold ponsel selama sekitar 10 detik. Jika masih belum menyala juga, ulangi lagi sampai bisa. Setelah layar iPhone menyala dan berkedip nanti akan terlihat logo Apple.

Kalau iPhone berhasil menyala dan dapat dioperasikan kembali, maka langkah selanjutnya restart iPhone untuk menyegarkan dan menjalankan fitur-fitur pada iPhone secara normal.

2. Restart Paksa


Jika iPhone kamu berhasil menyala tetapi masih dalam keadaan hang berhenti di logo atau stuck di logo Apple saja dan tak masuk ke dalam homescreen. Maka kamu harus mencoba untuk memulai ulang/restart secara paksa dengan cara menekan tombol Sleep/Wake + tombol Home. Setelah menekan tombol  Sleep/Wake + tombol Home secara bersamaan iOS akan melakukan restart ulang.

3. Charge iPhone


Ada beberapa kasus misalnya saja iPhone mendadak mati dan tak dapat dihidupkan kembali disebabkan oleh daya baterai yang sudah benar-benar rendah, bukan kosong lho ya. Karena apabila daya baterai rendah, iPhone akan memanfaatkan sisa daya baterai tersebut untuk mengamankan data atau pengaturan. Sebelum menyalakan kembali iPhone, maka kamu harus terlebih dahulu untuk melakukan pengisian ulang pada daya baterai iPhone kamu.

4. Restore iPhone


Jika semua langkah di atas sudah kamu coba dan masih belum berhasil juga untuk menghidupkan iPhone kamu. Maka cara yang terakhir yang dapat kamu coba dan ini merupakan salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan restore iPhone. Cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan maupun semua pengaturan yang ada di iPhone.

Untuk melakukan restore ini sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu mensinkronisasikan iPhone kamu dan mengeklik tombol Restore via iTunes. Namun bila iPhone tak dapat menyala hal ini lah yang menyulitkan dan kamu harus melakukan cara dibawah ini lho.

  1. Pasang kabel USB iPhone ke konektor dock, jangan ke komputer kamu.
  2. Tahan tombol Home selama beberapa detik. 
  3. Setelah itu hubungkan kabel USB ke komputer.

Langkah ini akan membuka iTunes dan memposisikan iPhone masuk ke recovery mode, serta memungkinkan kamu untuk mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik.
Namun di setiap seri iPhone seperti iPhone 4, iPhone 5, iPhone 6, dan iPhone 7 mempunyai cara yang berbeda-beda untuk melakukan restore, mungkin kamu dapat mencari referensi di situs lain.

5. Pergi ke Sevice Center


Setelah melakukan cara maupun tips di atas namun tetap saja tak ada hasilnya alias nihil, maka saya hanya menyarankan untuk membawa iPhone kamu ke tempat service center resmi milik iPhone. Mungkin iPhone kamu mengalami kerusakan pada hardware dan tidak memungkinkan untuk menjangkaunya atau memperbaikinya Nah, biarkan ahlinya saja yang melakukannya.

Demikian beberapa cara mengatasi iPhone yang mati total yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Semoga artikel yang saya tuliskan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terima kasih sudah berkunjung.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top