Powered by Blogger.

Tutorial (Langkah – Langkah) ROOT Android Samsung Galaxy S7 & S7 Edge (Exynos Only)

Keuntungan ROOT 

1. Customisasi Operating System (ROM) bikin Android kamu lebih keren dan Unik
2. Dapat menginstal Aplikasi yang membutuhkan Akses ROOT (Banyak Fungsi dan Feature yang mungkin tidak bisa dilakukan pada Android yang belum di ROOT)
3. Menghapus Aplikasi Boatware (Bawaan Pabrikan) dan bisa menjadikan Aplikasi lain menjadi Aplikasi bawaan Pabrik (biasanya menggunakaan App2SD set Apps to Internal) untuk menjadikan Aplikasi lain menjadi aplikasi bawaan pabrikan
4. Dapat memindahkan Aplikasi berserta datanya di SD Card & Menghapus Iklan
5. Membackup Keseluruhan (Aplikasi maupun History Data) atau BackUp ROM System (biasanya melalui Recovery/TWRP pada Galaxy S7)
6. Bikin Android kamu jauh lebih Cepet dan Memperpanjang Umur pemakaian Battery
7. Meningkatkan Performa Software dan Hardware seperti kualitas Kamera dan Speaker

Kekurangan ROOT 

1. Garansi Hilang !!! , walapun ada beberapa Device Android yang di Flashing ulang garansi berlaku lagi (Sepertinya tidak berlaku untuk Samsung Galaxy) tapi ada beberapa kasus yang masih berlaku seperti Android mati atau merestart terus menerus (mungkin pihak Service Centre tidak sempat/sulit untuk mengecek Knox 0x1)
2. Keamanan Android lebih rentan Virus atau Malware, biasanya terjadi karena menginstal Aplikasi tidak dari Google Play atau sumber yang tidak terpercaya
3. Kerusakan System dan resiko Bootloop/Soft Brick, parahnya dapat menyebabkan Hard Brick atau layar blank hitam (ini biasanya terjadi karena tidak mengikuti atau salah langkah saat melakukan ROOT)
4. Tidak akan mendapatkan Update System (bisa disiasati dengan cara Flash ulang)

Bahan bahan yang mesti disiapkan/ di download (Windows)
1. Odin v3.11.1 (Apliaksi untuk Flashing Samsung Galaxy)
Download
2. Samsung USB Driver for Mobile Phone
Download
3. TWRP (Recovery file) S7 pakai “herolte” dan S7 Edge “hero2lte” (jangan mpe salah ya gan) dan ada 2 versi juga dari masing-masing model a. International & Canada b.Korea Download Download Download Download
4. SuperUser (BETA SuperSU v2.74.2)
Download
5. No Verity Opt Encrypt Download

Jika perlengkapan tempurnya sudah di Download sekarang tinggal cara pakainya
Untuk ROOT Android Galaxy S7 & S7 Edge menggunakan metode Update Zip via Recovery Sytem, jadi kita mesti Memodifikasi Recovery Sytem terlebih dahulu (berharap kedepanya ada cara yang lebih mudah seperti hanya instal file Apk tanpa terhubung komputer).

Catatan :
Sebelum di ROOT data mesti dibackup terlebih dahulu, untuk yang di SD Card aman tapi baiknya di copot dulu, dikarenakan Android mesti di Wipe (dibersihkan keseluruhan) untuk proses ROOT.

  1. Buka Pengaturan lalu pilih Tentang Prangkat -> Info Perangkat Lunak -> Nomor Versi ketuk sampai 7kali sampai Diaktifkanya Mode Pengembang. Setelah terbentuk, masuk ke Pilihan Pengembang dan Aktifkan (On) pilih OEM terbuka Kunci Aktifkan (ON) pilih Mendebuh USB Aktifkan (ON) 
  2. Extract file Odin v3.11.1.zip dan Instal Samsung USB Driver for Mobile Phone 
  3. Restart Android lalu masuk ke Mode Download caranya sebelum masuk ke tulisan logo Samsung dengan tekan dan tahan tombol (Power + Home + Volume Bawah) jika berhasil tandanya akan tampil tulisan Downloading dengan background warna Biru ke Hijauan. 
  4. Buka Aplikasi Odin dan koneksikan Andoid dengan keadaan Mode Download ke Komputer jika berhasil konek terdapat keterangan Added pada kolom Log nya lalu klik slot AP dan arahkan file TWRP nya sesuai dengan Model dan Negaranya (jangan sampai salah) lalu pilih START, biasanya memakan waktu kurang dari semenit, lalu merestart sendiri. 
  5. Langsung sebelum menampilkan logo Galaxy, tekan dan tahan tombol (Home + Volume Atas) untuk masuk ke mode recovery yang sudah berubah menjadi TWRP 
  6. Jika sudah tampil menu TWRP swip ke kanan untuk masuk ke pilihan menunya, pilih Wipe -> Format Data -> ketik “yes” (tanpa tanda kutip) setelah itu klik back pilih Reboot -> Recovery. 
  7. Masih dalam terkoneksi dengan Komputer Android akan terdeteksi memory Internal dan Ekternalnya, lalu copy 2 file (a. BETA SuperSU v2.74.2.Zip b. No_Verity_Opt_Encrypt.zip) diluar tanpa di dalam folder 
  8. Masuk lagi ke pilihan menu TWRP pilih Instal, arahkan ke Internal memory (tempat taruh 2file tadi) pertama Instal file No_Verity_Opt_Encrypt.zip lalu Ok dengan cara Swip ke kanan, kedua instal BETA SuperSU v2.74.2.Zip lalu Ok dengan cara Swip ke kanan. Jika sudah Done atau selesai tinggal pilih Reboot System. 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top