Powered by Blogger.

Bagus Mana Xiaomi Redmi Note 3 Pro vs Redmi 4 Prime, Perlukah Mengganti Kenzo Ke Redmi 4 Prime

Hmm...
Redmi Note 3 Pro atau Redmi 4 Prime yang baru itu?
Bingung milihnya ya? Hehehe..
Atau barangkali ponsel Redmi 4 Prime kamu pengen kamu ganti ke Redmi Note 3 Pro? Downgrade atau malah upgrade?
2 ponsel Xiaomi ini memang rajanya di segmennya, segmen ponsel murah performa wah. Kalau diberi 2 pilihan ini, kira-kira pilih yang mana ya? Atau mending pilih dua-duanya? (Hehehe)

Sebenarnya, 2 ponsel ini berbeda "alam" dalam dunia perponselan xiaomi. Seri Redmi adalah seri terendah, sedangkan seri Redmi Note, seri yang 1 level diatasnya. Sekarang 2 alam tersebut hampir tidak ada berbedaan berarti, berbeda dengan jaman seri Redmi 3 kebawah dulu. Ngerti gak maksutnya?
Gini, ambil contoh Redmi 3 dan Redmi Note 3. Prosesor keduanya berbeda jauh, yaitu Snapdragon 616 di Redmi 3 dan Snapdragon 650 di Redmi Note 3. Clockspeed ataupun arsitekturnya berbeda. Sedangkan sekarang, Redmi 4 Prime dan Redmi Note 4 varian Snapdragon memiliki prosesor yang sama persis, yaitu Snapdragon 625. Tujuannya, mungkin sengaja  membuat konsumen bingung.( Hahaha)
Korbannya? Sudah banyak yang bingung milih... Hahaha.. mending baca-baca ini dulu, daripada nanti nyesel.
Ini review nya versi aku sendiri. Baca, biar tau bagus mana Redmi Note 3 Pro dengan Redmi 4 Prime

1. Desain

Desain Redmi 4 Prime, mirip sekali dengan varian Notenya. Body full metal, baterai tanam, fingerprint scanner di belakang. Perbedaan dengan Redmi Note 3 Pro yaitu dengan peletakkan speaker di bawah. Keunggulannya, ketika hp dalam diletakkan di permukaan rata, suara akan terdengar lebih keras. Kerugiannya, suara akan sedikit pecah. Berbeda dengan Redmi Note 3 Pro yang peletakan speakernya di belakang. Speaker belakang, suara akan terdengar lebih jelas, tapi volume kalah keras dengan speaker bawah. 

2. Layar

Keduanya sama-sama menggunakan IPS LCD 16M warna. Secara bentang layar, unggul Redmi Note 3. Selisih setengah Inci. Tetapi, resolusinya sama. Jadi, kepadatan warna di Redmi 4 Prime unggul dibanding Redmi Note 3 Pro. Tidak ada keunggulan disini, soalnya semuanya sesuai selera. Pingin layar besar? Silahkan. Atau layar agak kecil tetapi jernih? Silahkan. Oh ya, Redmi 4 Prime ini mempunyai layar yang agak melengkung di sisinya alias layar 2,5 D. (Wooww, kayak Mi Max)

3. Software

Pilih Redmi Note 3 Pro, lebih banyak custom rom. Sedangkan Redmi 4 Prime, jujur menurutku jarang ada oprekernya (hehehe). Atau barangkali kamu jadi orang pertama yang punya custom rom Redmi 4 Prime.

4. Prosesor

Ini dia perbedaan mencolok, yaitu perbandingan prosesor Xiaomi Redmi Note 3 Pro vs Redmi 4 Prime. Kenzo mesinnya adalah Snapdragon 650, Redmi 4 Prime Snapdragon 625. Udah keliatan lebih cepat mana? Hehehe..
Sedikit spek Snapdragon 650 : Dual Core CortexA72 1.8GHz +
Quad Core Cortex A53 1.4GHz dengan ukuran 28nm
Sedangkan Snapdragon 625 :
Octa Core Cortex A53 2.0GHz dengan ukuran 14nm.
Clockspeed 625 lebih tinggi, namun di chipsetnya jadul yaitu Cortex A53. Ukurannya 2 kali lebih kecil dibanding 650. Jadi chip ini dirancang cenderung ke hemat daya, dibanding ke performa.
GPUnya juga lebih baik Snapdragon 650, Adreno 510 dibanding milik Snapdragon 625 Adreno 506. Secara performa, unggul Kenzo dibanding Redmi 4 Prime. (Kalau ada yang merasa sudah pernah baca, ini cuma copas dari artikelku Bagus Mana Xiaomi Redmi Note 3 Pro vs Redmi Note 4X, Perlukah Mengupgrade Kenzo Ke Note 4X? , suka-suka gue, tulisan gue sendiri kok, hehehe)


5. Baterai

Unggul Redmi 4 Prime. Selain mAH lebih besar, prosesor yang lebih hemat daya, serta layar lebih kecil, membuat di sektor ini Redmi 4 Prime unggul dari pada Redmi Note 3 Pro

6. Kamera

Terus terang, aku tidak tau sensor yang digunakan di Redmi 4 Prime ini. Tapi secara megapixel, unggul Redmi Note 3 Pro (13mp vs 16mp). Jangan terpaku sama megapixel ya. Itu bukan jaminan hasil foto bagus. Atau jangan-jangan Redmi 4 Prime punya sensor Sony seperti saudara Note 4 nya? Siapa tahu..

Itu dia reviewnya. Kurang detail? Maaf deh. Emangnya mau sedetail apa? Hehehe.
Terus terang, sejak keluarnya Redmi 4 Prime, alternatif produk semakin banyak. Konsumen harus pintar-pintar memilih hp sesuai kebutuhannya. Semuanya kembali ke diri masing-masing. Tapi kalau punya uang lebih, horang kaya(hehehe) silahkan beli keduanya, test sendiri, pilih sendiri. Nanti kalau gak cocok, jual aja lagi. (Tips sesat sebenarnya).
Sekarang, kalau menurut kamu bagus mana Xiaomi Redmi Note 3 Pro vs Redmi 4 Prime?
Baca ini juga ya, supaya kamu hati-hati Bahaya mencolokkan hp ke speaker aktif
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top