Powered by Blogger.

Bahaya Mencolokan Smartphone Ke Speaker Aktif Part 2, Tips Menyambung Hp Ke Speaker Aktif

Ini lanjutan dari artikel bahaya mencolokkan hp ke speaker aktif kemarin. Sebelumnya, kamu harus tau penyebab kenapa hp rusak setelah dicolokkan ke speaker.
1. Speaker aktif memiliki output yang besar. Bila hp tidak kuat menahan output tersebut, maka akan terjadi konsleting pada ponsel. Itulah yang menyebabkan hp bermasalah ketika dicolokkan ke speaker aktif. Dari rusakknya IC audio, ataupun sampai mati total.
2. Kerusakan pada kabel jack yang digunakan.
3. Human error. Mayoritas kerusakan disebabkan oleh ini.
Hehehe... Tenang tapi, baca dulu ini. Tips mencolokkan hp ke speaker aktif (versi droidkenzo)
1. Pastikan kabel jack yang digunakan dalam kondisi baik, tidak ada bagian yang terkelupas.
2. Hati-hati saat memilih kabel yang disambungkan ke hp, jangan sampai salah antara Input, Output, Power.
3. Jangan sampai kabel output RCA ke Jack 3,5 dicolokkan ke hp, karena kabel itu adalah output untuk speaker sebelahnya (bila ada 2 speakernya).
4. Jangan ada panggilan masuk ketika kamu mencolokkan hp ke speaker aktif, dikarenakan jack 3,5mm pada hp memiliki 4 jalur. Sedangkan mayoritas jack speaker hanya 3 jalur.
Pada jack hp, jalur dimulai dari mic, ground (negatif), speaker kiri, speaker kanan. Sedangkan pada speaker aktif, dimulai dari ground, speaker kiri, speaker kanan. Perbedaan pada jalur mic. Sebenarnya tidak apa-apa dicolokkan, namun dengan catatan tidak ada panggilan masuk saat itu.
Jack pada hp (perhatikan garisnya)


 Jack pada speaker

Kalau sampai ada panggilan telepon masuk, maka jalur mic akan ada tegangan listrik, sedangkan jalur itu terhubung pada jalur ground speaker yang punya daya jauh lebih besar. Maka akan terjadi konsleting pada jalur mic hp, otomatis hp juga akan terpengaruh. Jadi ya tidak heran bila hp mati..

Secara garis besar, pencegahannya adalah hati-hati & menghindari konsleting. Sayang kan, bila karena keteledoran kita, hp kita menjadi rusak? Gak murah lo ganti sparepart hp. Mending speaker portabel aja, lebih mudah dan aman dari konsleting karena dayanya jauh lebih kecil (walaupun suaranya tidak menggelegar)
Gimana, sudah dimengerti penjelasannya? Kalau gak ngerti, atau ada yang mau ditanyakan, komen aja. Baca juga Bahaya mencolokan smartphone ke speaker aktif part 1bila kamu kelewatan. Thanks..
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top