Powered by Blogger.

Penting! Jangan Percaya Kalau Xiaomi Anti Air

Belakangan ini ada video tentang Xiaomi di posting di salah satu grup facebook. Video ini cukup mendapat banyak perhatian. Gimana gak dapet banyak perhatian, orang videonya nyelupin Redmi Note 3 Pro ke dalam air !!. Top deh... Hehehe... Setelah dimasukan ke dalam air, terlihat ponsel masih berfungsi secara normal. Lalu ada lagi video, yaitu menyemprot Redmi 4 dengan selang air. Hasilnya sama, ponsel masih berfungsi secara normal (Maaf gak bisa ngasih link karena sudah dihapus duluan).


Semua itu seolah membuktikan kalau ponsel Xiaomi itu anti air. Mau dicelup atau disemprot, ponsel masih lancar. Sebagai pengguna Xiaomi, cukup bangga lah..walau sedikit miris. Mengapa? Karena ditakutkan banyak orang yang terlanjur punya sugesti bahwa Xiaomi itu anti air. Dipakai hujan-hujanan tidak apa-apa. Padahal, itu sama sekali tidak benar. Xiaomi tidak pernah merilis ponsel tahan air. Saya ulangi sekali lagi, Xiaomi tidak pernah merilis ponsel tahan air. Trus divideonya kok bisa tahan air? Iya, memang tidak apa-apa, tapi apakah kamu tahu yang terjadi setelah mungkin 1 jam kemudian? Biasanya layar mulai ada bercak-bercak indikasi speaker kemasukan air, speaker bersuara kasar, ataupun paling parah matot karena konsleting pada baterai.

Jangan pernah mencoba adegan di video tersebut dirumah kalau masih sayang sama Xiaomi kamu (kecuali kamu anak sultan, hehehe). Ponsel-ponsel tahan air harus mempunyai sebuah sertifikat, yaitu sertifikat IP Rating. IP Rating atau Ingress Protection Rating adalah satuan perlindungan terhadap objek padat maupun cair. Nilainya dituliskan dengan IP lalu diikuti 2 digit angka dibelakangnya. Hanya ponsel-ponsel tertentu yang bisa lolos ini, misalnya Xperia Z IP22, atau yang paling mutakhir Xperia XZs IP 68 (IP tertinggi). Bahasan komplit tentang nomor IP akan saya tulis nanti.
Xiaomi, tidak pernah mengeluarkan ponsel dengan sertifikasi tersebut. Bahkan seri terbaru MI 6 pun tidak punya. Maka dari itu jangan berfikir kalau Xiaomi itu anti air daripada kamu menyesal nanti.

Mungkin, menurut saya ponsel tersebut tidak langsung mati ketika dimasukan ke air adalah karena desain unibody yang cukup solid. Jadi air tidak langsung masuk ke mesinnya. Namun air adalah benda cair, bisa merembes melalui celah sekecil apapun. Tinggal nunggu waktu saja sebelum ponsel yang dicelupkan air tadi untuk "bereaksi".. hehehe..
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top