Powered by Blogger.

Pengertian, Fungsi Dan Kegunaan Reboot Pada Smartphone

Fungsi dan kegunaan reboot apakah ada yang sudah tahu?(ya kalau udah tau gak mungkin baca ini lah...hehehe). Mengapa kok selalu ada menu reboot di setiap hp android? Penting kah reboot itu? Baca dibawah ini ya untuk jawabannya
Lambang reboot universal

Reboot atau Restart atau Mulai Ulang adalah suatu proses memulai dari awal Sistem Operasi yang ada pada suatu komponen elektronik, bisa komputer,laptop, maupun smartphone. Jadi setiap sistem operasi, baik android, windows, apple semua sudah paati mempunyai menu ini. Banyak fungsi dan kegunaan dari reboot ini, yaitu

1. Memperbaiki sistem operasi macet, hang, ataupun error

Ketika hp kamu terlalu banyak aplikasi, dan aplikasi tersebut macet atau not responding dan layar kamu tidak bisa disentuh karena error tadi, kamu bisa mereboot untuk memperbaikinya.

2. Merefresh sistem

Bila memori penuh dan kinerja berkurang, kita bisa melakukan reboot untuk mengurangi beban memori. Kamu juga bisa mereboot ketika sistem kamu mulai terasa "berat" dan lag.

3. Memperbaiki gejala kerusakan software ringan

Banyak user yang langsung panik ketika smartphonenya mengalami gangguan. Kamera tidak terhubung, aplikasi tiba-tiba hilang, aplikasi force close, ataupun kerusakan ringan lainnya yang biasa diakibatkan memori terlalu penuh. Itu sebenarnya bisa diatasi hanya dengan reboot smartphone. Karena dengan reboot, sistem otomatis akan merefresh kinerjanya. Namun bila reboot tidak berhasil, kamu baru boleh panik... Hehehe..

4. Menyempurnakan pemasangan aplikasi yang baru diinstall

Beberapa aplikasi tertentu akan memerintah kamu untuk melakukan reboot. Lakukan saja, mau gak aplikasi kamu terpasang sempurna??

5. Merefresh jaringan di hp yang error

Hp kamu sama teman kamu sama, kartupun juga sama, kuota juga ada, duduk sebelahan juga namun hp kamu tidak ada sinyal sedangkan hp temen kamu 4G full sinyal? Coba reboot smartphone kamu, dijamin pasti kembali sinyal kamu.

Lantas adakah akibatnya bila hp tidak pernah direboot?
Ada kok. Hpnya jadi stress, karena terlalu banyak memori. Sistem tidak akan berjalan dengan sempurna bila kamu tidak pernah "merefreshing" hp kamu. Kamu aja butuh refresing, masak hp kamu  nggak?
Berapa kali kita harus mereboot smartphone?
Saran saya pribadi sih, tiap 2-3 hari kamu reboot hp kamu. Apalagi kalau kamu sering memainkan hp kamu, entah itu game, musik, atau sekedar sosmed.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top